Simak Makna Hari Ibu Bagi Dua Dosen Berprestasi ini

Ket Foto: Mariana Ngundju Awang( Kiri), Dosen Di Poltekkes Kemenkes Kupang dan Febriana Fransiska Manubulu ( Kanan) , Dosen di IAKN Kupang

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Hari ibu merupakan momentum bagi semua insan untuk mengenang dan mengapresiasi peran ibu di kehidupan masing-masing orang.

Peran ibu dalam keluarga sangat penting untuk menciptakan kehidupan keluarga yang lebih baik. Ibu juga menjadi benteng dari keluarga yang dapat menguatkan anggota keluarga.

Ibu juga menjadi salah satu pengaruh besar terhadap kesuksesan dan kebahagiaan keluarga.

* Ibu Sebagai Contoh dan Teladan bagi Mariana Ngundju Awang

Merupakan Dosen di Poltekkes Kemenkes Kupang , ketika di temui media Indonesia menyapa pada Sabtu (16/12/2023) mengatakan bahwa dirinya dalam memaknai hari ibu cukup lah kompleks dimana Ibu berperan sebagai contoh dan teladan dalam mengembangkan kepribadian dan membentuk sikap-sikap anak. Seorang ibu tentu saja dapat memberikan teladan yang baik bagi anak-anaknya.

Dirinya mencontohkan ibu nya dalam mendidik anak – anaknya selalu memberikan contoh menunjukkan dengan bekerja kemudian mengarahkan kepada anak-anak nya agar dapat bekerja seperti yang dicontohkan agar anak bisa mandiri.

Mariana menceritakan tentang sosok ibunya yang dalam kehidupan sehari-hari tidak pernah mengeluh l, walaupun Dirinya hanya seorang ibu rumah tangga yang tidak berpendidikan tinggi namun mampu memberikan contoh yang baik bagi anak-anak dalam menjalani kehidupan.

“Untuk saya, sosok ibu saya adalah ibu yang luar biasa, selalu memberikan teladan yang patut di contohi, dimana dalam melakukan aktifitas dirumah yang cukup melelahkan namun tidak pernah mengeluh, selalu dikerjakan dengan penuh semangat dan tanggung jawab,” Ucap Mariana.

Ibu dari dua putra ini mengungkapkan bahwa kenangan tentang ibu nya yang telah tiada sejak tahun 2005 selalu di kenang di hati.
Menurut Mariana, ibunya bukan saja sebagai ibu rumah tangga yang hebat namun juga penolong bagi bapaknya dalam mengelola dan mengatasi ekonomi rumah tangga dengan berkreativitas memelihara ternak, bertani dan masih banyak lagi aktivitas ibu nya yang dilakukan tanpa kenal lelah dan ini lah menjadi kenangan bagi istri dari Nolce Ngebu bahwa sosok ibunya tidaklah dapat terhapus dari ingatan nya namun akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi nya dalam menjalani kehidupannya dan keluarga kecilnya sekarang.

Wakil Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang ini juga menyampaikan bahwa ibunya selalu mengajarkan kepada dirinya dan saudara – saudara untuk selalu mandiri dan disiplin dalam hidup.

Wanita asal Sumba Timur ini mengatakan bahwa nasehat yang tidak pernah di lupakan oleh ibu nya bahwa hormati dan kasihlah lah orang tuamu seperti yang tertulis di kitab suci agar Panjang umur di bumi.

Di peringatan hari ibu tahun 2023 ini, Mariana Ngundju Awang mengajak masyarakat NTT agar Hormati ibu karena dari ibu lah lahir anak-anak bangsa, generasi penerus bangsa yang memiliki integritas dan sukses.

* Ibu adalah Sosok luarbiasa dan Hebat
Untuk Seorang Febriana Fransiska Manubulu.

Dosen muda di IAKN Kupang mengatakan bahwa ibu adalah Sosok luarbiasa penuh inspiratif dan tidak dapat tergantikan oleh siapapun juga di hatinya.

Siska, sapaan akrabnya menceritakan tentang sosok ibunya yang luar biasa baginya. Ibunya selalu berjuang untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak nya. Baik itu di keseharian mereka maupun berjuang agar anak-anak nya dapat sukses dalam kehidupannya masing – masing.

” Saya akui, ibu saya adalah ibu yang luar biasa tangguh, betapa berartinya sosok ibu bagi saya, dalam segala hal di keluarga, ibu adalah garda terdepan bagi kami,” ungkap Siska.

Putri semata wayang dari Almarhum Arkilaus Manubulu dan Almarhumah Batseba Manubulu-Bandi ini kembali menceritakan kekaguman nya terhadap sosok ibu nya yang telah tiada namun terus terpatri di hati yakni sosok yang rendah hati, tidak sombong, bijaksana, suka mengayomi dan selalu merangkul keluarga.

“Ibu adalah perempuan hebat, pahlawan bagi kami keluarga dan tentunya sosok ibu tidak bisa di gambarkan dengan apapun juga,” beber Siska.

Siska Manubulu di peringatan hari ibu ini dan mengingat kebiasaan keluarganya untuk berbagi kasih kepada ibu – ibu hebat dan anak – anak yang Tuhan titip lewat orang tua hebat maka Siska Manubulu bersama saudara saudara nya berinisiatif berbagi kasih dengan memberikan sedikit berkat.

“Hati seorang ibu adalah ruang kelas tempat anaknya belajar dan Hati papa adalah cinta pertama anak perempuannya,” Ucap Siska.

Kembali Febriana Manubulu berpesan untuk semua anak – anak yang masih di beri kesempatan bersama dengan orang tua nya bahwa Orangtuamu tidak pernah ingin kamu menjadi seperti mereka tapi mereka ingin kamu menjadi lebih baik dari mereka.
Cinta orang tua kepada anak adalah cinta yang seharusnya diteladani. Ia banyak memberi tanpa harus meminta balasan.
Untuk itu tetap hormati sayangi cintai dan perlakukan kedua orang tua dengan baik selagi mereka masih ada di dunia. ( CP).

Komentar