Poltekkes Kemenkes Kupang Sukses Mewisudakan 1.035 Lulusan Kesehatan Dengan Hasil Terbaik

Kupang, media Indonesia menyapa.com – Poltekkes (Politeknik Kesehatan) Kemenkes Kupang menggelar sidang senat terbuka luar biasa, dalam rangka wisuda dan pengambilan sumpah Diploma III Kesehatan, Diploma IV Keperawatan dan pelantikan Profesi Ners Tahun Akademik 2022/2023, periode Oktober 2023.

Sidang Senat Terbuka ini berlangsung pada, Selasa (10/10/2023), bertempat di Gedung Auditorium Graha Undana Kupang.

Sidang senat terbuka Poltekkes Kemenkes Kupang dibuka secara resmi langsung oleh Direktur Poltekes Kemenkes Kupang, Irfan, S.Km, M.Kes.

Pada kesempatan tersebut juga melantik dan mewisudakan 1.035 wisudawan Poltekkes Kemenkes Kupang sebagai tenaga kesehatan dan siap menjadi tenaga kesehatan yang kompeten sesuai bidangnya di masyarakat.

“ Saya Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang atas nama Menteri Kesehatan Republik Indonesia dengan ini resmi melantik saudara-saudara sebagai tenaga kesehatan,” ucap Irfan, S.Km, M.Kes.

Direktur Irfan, SKM,M.Kes dalam sambutannya mengatakan bahwa Poltekkes Kemenkes Kupang merupakan unit pelaksana teknis kementerian kesehatan yang berada di bawah Direktorat tenaga kesehatan kementerian kesehatan RI yang juga merupakan gabungan dari berbagai perguruan tinggi kesehatan milik kementerian kesehatan.

Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang Irfan mengatakan saat ini Poltekkes Kemenkes Kupang memiliki tujuh jurusan dan 15 program studi termasuk program kelas internasional profesi Ners tahun akademik 2023 / 2024 dengan jumlah mahasiswa aktif saat ini sebanyak 4845 orang sedangkan jumlah lulusan yang di wisudawan saat ini sejumlah 1.035 yang berasal dari 11 program studi yang terdiri dari D3 keperawatan Kupang sebanyak 94 orang, D3 keperawatan ende 33 orang, D3 Keperawatan Waingapu 143 orang, D3 keperawatan Waikabubak 78 orang, prodi profesi Ners sebanyak 94 orang, prodi D3 kebidanan sebanyak 136 orang, prodi D3 farmasi sebanyak 87 orang, prodi D3 Sanitasi 89 orang, prodi D3 kesehatan gigi 85 orang, prodi D3 Gizi 89 orang dan prodi Teknologi Laboratorium medis 108 orang.

Dirinya mengakui bahwa dari hasil lulusan para wisudawan wisudawati ini 91 persen  adalah lulusan ujian kompetensi ( UKOM) dan ini menunjukkan mutu dari Poltekkes Kemenkes Kupang sangat baik dan capaian tersebut tentu nya tidak terlepas dari kerjasama dan dukungan dari semua pihak baik dari Direktorat, para dosen, wahana praktek, pembimbing, orang tua serta para lulusan itu sendiri yang telah berjuang bersama untuk mencapai hasil yang terbaik.

Direktur Poltekkes Kemenkes Kupang atas nama Civitas Akademika Poltekkes Kemenkes Kupang turut berbangga dan bersyukur atas diwisuda nya 1035 wisudawan wisudawati yang telah berhasil menggapai cita-cita mereka di bidang kesehatan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Republik Indonesia, drg. Arianti Anaya, M.KM., dalam sambutannya secara daring mengatakan, peran tenaga kesehatan yang kompeten sangat dibutuhkan dan berharap para wisudawan sebagai generasi muda kedepannya dan berperan dalam penyelesaian masalah kesehatan khususnya di Kota Kupang

” Peran tenaga kesehatan yang kompeten sangat dibutuhkan saat ini dan diharapkan para wisudawan dapat berperan dalam menangani berbagai permasalahan kesehatan di Kota Kupang dan sekitarnya,” Pungkas drg.Arianti Anaya.

Rangkaian kegiatan wisuda dan pengambilan sumpah para wisudawan wisudawati berlangsung dengan khidmat dan lancar yang disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir. ( CP).

Komentar