LKP Tata Boga Swakarya Gelar Pelatihan Kursus Tata Boga Bagi Wirausaha Muda Agar Kreatif dan Mandiri

Ket Foto: Peserta Kursus dan para instruktur Tata Boga Swakarya Kuanino 

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Tata Boga Swakarya Kupang menggelar pembukaan pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) tata boga yang berlangsung pada Senin (11/09/2023) di aula LKP Tata Boga Swakarya Kuanino.

Pimpinan LKP Tata Boga Swakarya Ratna Mella dalam sambutannya mengatakan pelatihan program PKW Tahun 2023 ini merupakan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan di dukung oleh pemerintah Kota Kupang dalam hal ini Dinas Pendidikan paud dan Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Kupang serta lembaga terkait lainnya yang berlangsung selama 150 JPL.

“Pelatihan kursus tata boga yang di gelar akan berlangsung selama 150 jam yang direncanakan selesai selama 25 hari dengan jumlah 20 peserta muda dan nantinya di latih oleh para instruktur yang kompeten ,” katanya.

Dijelaskan dia, secara garis besar kurikulum pelatihan ini terbagi menjadi dua macam yaitu, materi kewirausahaan dan materi keterampilan tata boga serta praktek.

Ratna Mella juga mengatakan bahwa Pelatihan kursus tata boga yang di gelar bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan ketrampilan kepada kaum perempuan muda untuk memiliki kreativitas dan ketrampilan sehingga dapat mandiri, potensial, berkualitas dan dapat menjadi wirausaha muda yang sukses.

Menurut Ratna, pelatihan kursus tata boga yang di lakukan merupakan program pemerintah dalam mengurangi pengangguran, meningkatkan ekonomi masyarakat dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta agar mandiri dalam kewirausahaan.

“Sesuai dengan motto kerja LKP Tata Boga Swakarya, kesuksesan akan diraih dengan terus belajar, maka melalui program kecakapan Kewirausahaan ini, kami melatih kaum perempuan muda untuk memiliki keterampilan dan dengan pengetahuan ketrampilan dalam tata boga bisa menambah ekonomi juga mandiri, yang tentunya menghadirkan instruktur yang kompeten di bidangnya,” ujar Ratna Mella.

Ratna Mella menambahkan, program pendidikan kecakapan wirausaha (PKW) 2023 dari Direktorat kursus dan pelatihan Direktorat jendral pendidikan vokasi kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi dengan jenis keterampilan pastry dan bakery didukung oleh Pluut, waroenk 88, obor Timor Ministry, gradasi, usaha permodalan BRI, Pegadaian Syariah, dan Platform Digital Media Indonesia menyapa.

Sementara itu, Kepala Bidang Paud dan Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Kupang, Roos Dethan dalam sambutannya saat membuka kegiatan pelatihan kursus tata boga di Tata Boga Swakarya Kuanino mengatakan bahwa tujuan kegiatan pelatihan kursus tata boga yang dilakukan sangat lah baik , dimana melatih para peserta agar bisa mandiri dan kreatif sehingga kelak dapat mengurangi pengangguran.

Kabid, Roos Dethan menegaskan bahwa pemerintah Kota Kupang melihat saat ini banyak usia produktif yakni dari usia 15 tahun hingga 25 tahun harus memiliki keahlian dan keterampilan. Oleh sebab itu sebagai generasi muda yang memiliki potensi dan kelak menjadi seorang wirausaha muda mandiri, sudah saatnya memanfaatkan kesempatan ini untuk meraih ilmu melalui program kecakapan wirausaha muda agar dapat meraih sukses.

“Sebagai generasi muda yang mendapat kesempatan yang baik ini, pergunakanlah waktu untuk mengikuti pelatihan kursus tata boga ini sampai tuntas karena pelatihan kursus tata boga ini akan di bagi menjadi dua bagian yaitu teori dan praktek dengan instruktur yang berpengalaman, sehingga jangan lewatkan kesempatan yang ada untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan bisa menjadi orang yang sukses,” Jelas Roos Dethan.

Pembukaan pelatihan kursus tata boga swakarya ditandai dengan penyematan kartu anggota, pemberian modul ajar dan bahan baku untuk pelatihan yang di serahkan langsung oleh Kabid paud dan pendidikan non formal dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Kupang, Roos Dethan kepada peserta kursus tata boga.( CP).

Komentar