Desainer Temma Prasetio Tampilkan Tenun NTT ke Panggung Dubai Fashion Week 2023

Ket : Hasil Karya Disainer Temma Prasetiio yang di tampilkan di Dubai Fashion week 

NTT, media Indonesia menyapa.com
Berkolaborasi dengan Dekranasda NTT dan LeVico Butik Pimpinan Julie Laiskodat, desainer Temma Prasetio memperkenalkan dan menampilkan tenun asal Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam ajang Dubai Fashion week pada 11 Maret 2023.

Mengusung tajuk “INHERITANCE”, Temma berupaya mengawinkan unsur warisan budaya NTT yang Natural dalam koleksi busana bernuansa modern, simple dan relax.

Temma Prasetiio juga menampilkan seluruh Motif tenun NTT dengan Berbagai disain khas dan cantik serta mendapatkan kesan modern dan unik khusus untuk Pria.

Kepada Awak media melalui panggilan telepon seluler pada Jumat(17/03/2023), Disainer, Temma Prasetio menyampaikan bahwa, dengan sentuhan kultural Kain tenun NTT dan di kombinasikan dengan nuansa modern maka Dirinya sukses tampilkan karyanya di Dubai Fashion week 2023 serta berhasil meraih simpati, tempik sorak dan perhatian di panggung internasional.

Untuk diketahui, Tenun telah menjadi ciri khas dari Disainer Temma Prasetio dalam beberapa tahun terakhir. Ia mempelajari proses pembuatan tenun NTT secara langsung dan kini dirinya telah memperkenalkan tenun Khas NTT dan menampilkan kekayaan warisan budaya NTT di ajang internasional dan sangat memberikan kesan membanggakan.

Temma Prasetio juga adalah founder dan creative director dari brand pria “Mandhari” yang menangani design pakaian, branding, marketing, hingga kehumasan. Kecintaannya terhadap dunia seni dan budaya yang tinggi merupakan awal dari berdirinya “Mandhari” yang konsisten mengangkat berbagai materi world heritage. Beberapa tahun sebelum brand ini dijalankan, Temma belajar secara otodidak mengenai desain dan produksi pakaian siap pakai dengan mengerjakan berbagai karya pesonal untuk ruang lingkup lebih kecil.

“Dubai Fashion Week 2023 menjadi show internasional pertama saya dan saya juga dengan bangga memperkenalkan tenun NTT ke pasar internasional dan ini merupakan suatu misi utama. Saya ingin dunia mengenal kekayaan Tenun NTT yang dibuat dengan dedikasi dan penuh cinta yang di tenun membutuhkan waktu hampir tiga bulan dan juga untuk membuat desain yang versatile dan unik, saya mengkombinasikan tenun NTT dengan unsur-unsur tren terkini karena saya ingin mengawinkan modernitas dan heritage,” kata Temma Prasetio dalam Wawancara Jarak jauh.

Sebagai show pertamanya di kancah internasional, Temma memberikan persembahan terbaiknya melalui kombinasi tenun NTT dengan berbagai bahan seperti katun twill, wool, sifon, hingga organza untuk mendapatkan kesan modern dan unik.

Meski memiliki unsur heritage, yang disebut sebagai koleksi Inheritance, namun looks yang ditampilkan Temma Parsetyo di panggung Dubai Fashion week cenderung simpel tapi juga bold atau tegas di saat bersamaan. Selain itu, koleksi ini cenderung penuh dengan makna alias playful dan erat dengan kultural khas NTT dan di kombinasikan dengan modern.

” Yang saya maksud kan mengangkat dan mengkombinasikan kultur NTT dengan modern yakni kain tenun itu lengkap dengan tradisi, budaya NTT dan adanya unsur modern sehingga di keseharian, dapat di gunakan, ” jelas Temma.

Menurut founder dan creative director,
Tenunan Motif NTT yang di tampilkan di Dubai Fashion week 2023 terdiri dari jaket, oversized coat, atasan bersiluet boxy, celana berpotongan loose fit dan baggy yang berfokus pada kain tenun NTT

Temma, yang juga pernah menjadi vokalis untuk pementasan musikal Onrop (2010),mengungkapkan bahwa berkolaborasi dan adanya suport dari Bunda Julie Laiskodat selaku ketua Dekranasda NTT dan Juga pimpinan LeVico Butik maka dirinya sukses menampilkan tenun NTT di kancah internasional.

” Sebelumnya saya menghubungi Ibu Julie Laiskodat untuk meminta supportnya karena saya ingin membawa tenun NTT ke ajang internasional supaya Tenun NTT lebih di kenal luas lagi melalui disain saya dan yang saya tampilkan adalah disain khusus baju Pria. Selain itu juga Tenunan Motif NTT di sponsori oleh LeVico Butik milik Julie Laiskodat,” Ungkap pelakon untuk Bawang Putih, Bawang Merah pada tahun 2021.

Temma Prasetio juga mengatakan bahwa Bunda Julie Laiskodat juga sangat bangga dan bahagia karena dirinya dapat membawa tenun NTT ke ajang internasional dan bahkan lebih luas lagi.

Ditambahkan Temma bahwa ketika tampil dengan disain tenunan NTT di ajang internasional yakni di Dubai Fashion week 2023 animo sangat besar , dan juga apresiasi dari para penonton dimana fashionnya unik dan menarik sekali dengan perpaduan citra rasa internasional.

Temma Prasetio mengharapkan kedepannya akan terus menampilkan portfolio karya yang berkualitas dan siap pakai untuk segmen Menswear, juga Ia pun berharap untuk dapat tetap membantu upaya bangsa dalam melestarikan wastra bernilai tinggi sambil mewujudkan visi brand ini yaitu “Mem-batik-kan Tenun” khusus untuk koleksi pakaian pria. ( CP).

Komentar