Jelang HKSN, Dinsos Kota Kupang Gandeng BNI Cabang Kupang Berbagi Kasih Dengan Warga Kita Kupang

Kupang, media Indonesia menyapa.com – Dalam rangka Memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Dinsos Kota Kupang kolaborasi BNI Cabang Kupang membagikan bantuan atau bingkisan kasih kepada sejumlah warga kota Kupang yang berlangsung di depan kantor Dinas Sosial Kota Kupang, Jumat 9 Desember 2022.

Gabriel Meo Wio, S.P. selaku Ketua Panitia sekaligus Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinsos Kota Kupang pada kesempatan tersebut mengatakan, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional sebenarnya diperingati pada tanggal 20 Desember. Kegiatannya kita majukan ke tanggal 09 Desember karena di tanggal 20 Desember sudah mau dekat hari libur.oleh sebab itu jelang HKSN dinsos bersama para donatur melakukan aksi sosial ini kepada warga kota Kupang.

Menurut Gabriel tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memperingati semangat gotong royong, saling membantu dan semangat cinta kasih. “Pemerintah menetapkan HKSN ini untuk mengenang para pejuang di medan perang. Dinsos Kota Kupang walaupun dengan kondisi terbatas mengadakan kegiatan menyongsong HKSN ini. Tujuannya adalah untuk memperingati semangat gotong royong, saling membantu dan semangat cinta kasih,” kata Gabriel.

Sementara itu, Lodywik Djungu Lape, S. Sos selaku Kepala Dinsos Kota Kupang mengungkapkan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan, adalah ranah kerja Dinsos. “Salah satu sasaran kerja Dinsos adalah 26 Penyandang Masalah Kesehatan Sosial (PMKS). PMKS itu seperti lansia, fakir miskin, disabilitas, dan lain-lain. Kami berharap dengan adanya momentum ini, dapat menunjang pembangunan kesejahteraan sosial,” jelas Lodywik.

Sementara itu, Ellent Ivonie Lukas, selaku Wakil Pemimpin Bidang Bisnis BNI Kantor Cabang Kupang mengatakan bahwa BNI memiliki tanggung jawab moral untuk berbagi kepada masyarakat. “Hari ini dalam rangka HKSN kami berbagi kasih kepada masyarakat. BNI juga memiliki tanggung jawab moril kepada masyarakat. Hal itu diwujudkan dalam Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP), kalau dulu namanya Corporate Social Responsibility. Kegiatan seperti ini kami adakan setiap tahun,” ujar Ellent.

Lebih lanjut Ellent menjelaskan bahwa keberadaan BNI di NTT secara tidak langsung membangun perekonomian masyarakat. “Adanya momentum ini kami lebih mengenal masyarakat. Semoga santunan kasih, atau paket kasih yang kami berikan ini bermanfaat untuk masyarakat. Juga bisa membawa kasih bagi masyarakat dalam menyambut hari Natal,” terang Ellent.

Adapun yang menerima bantuan sejumlah 150 orang dari 51 kelurahan yang ada di Kota Kupang. Sampai saat ini BNI telah menyalurkan bantuan serupa kepada seluruh Cabang BNI di Wilayah Denpasar.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BNI Cabang Kupang, sebanyak 650 paket bantuan dibagikan kepada outlet-outlet BNI yang ada di bawah kantor Cabang Kupang. Outlet tersebut antara lain, Kantor Cabang Pembantu (KCP) Kupang Timur, KCP Soe, KCP Atambua, KCP Kalabahi, KCP Rote, KCP Waikabubak, KCP Waingapu dan KCP Waitabula.

Selain BNI, ada 7 sponsor lain yang turut bekerjasama dan berkoordinasi dengan Dinsos, untuk memberikan bantuan. Ketujuh sponsor tersebut adalah Bulog provinsi NTT, Kantor Pos, Hotel On The Rock Kupang, Hotel Aston Kupang, Toko Rukun Jaya Kupang, Hotel Bellavita Kupang, dan Pelindo NTT.

Maria Gorety, salah seorang warga penerima bansos dari kelurahan Oesapa barat berharap agar kedepannya pemberian bansos dapat menjangkau warga yang membutuhkan.Harapan saya kedepannya lebih bagus lagi. Kedepannya mereka yang membutuhkan bantuan seperti kami, bisa dikasih masuk namanya biar mereka juga bisa menikmati. Bantuan seperti ini sudah cukup untuk kami,” ujar Maria. ( CP).

Komentar