Mengenal Siska Manubulu, Dosen Muda IAKN Yang Inspiratif dan Motivasi

Kupang, media Indonesia menyapa.com – Civitas Akademika Kampus IAKN Kupang, Nusa Tenggara Timur mempunyai dosen muda yang menginspirasi mahasiswa, salah satunya yakni perempuan muda, dengan nama lengkap Febriana Fransiska Manubulu, S.Pd, M.Pd.

Siska Manubulu merupakan dosen muda yang mendedikasikan dirinya di bidang pendidikan di Institut Agama Kristen Negeri Kupang hampir setahun berjalan. Dirinya dalam tugasnya sebagai dosen, sehari – hari mengajarkan Ilmu sosial budaya, dasar
Pendidikan Kewarganegaraan
Pendidikan Pancasila, Etika Kristen kepada mahasiswa – mahasiswi di IAKN.

Putri semata wayang dari Pasangan Arky Manubulu dan Batseba Manubulu( Alrmh)ini selalu memberikan pembelajaran dan pemahaman kepada mahasiswa nya bahwa dalam kehidupan ini harus menjadi pribadi yang mandiri dan kelak menjadi sarjana , jadilah sarjana yang berguna bagi masyarakat.

Dia juga mengatakan bahwa di setiap tatap muka bersama mahasiswa nya di kampus tempat Ia mengabdikan dirinya, selalu berpesan bahwa dalam pendidikan agama Kristen diharapkan para mahasiswa dan mahasiswi dapat membentuk dan mengembangkan iman, karakter, dan nilai-nilai Kristen dan menjadikan mereka intelektual muda yang cerdas dan berkarakter bagi peningkatan SDM yang berkualitas.

Siska, panggilan akrab bagi dosen muda tersebut, ketika di temui media ini, Rabu (12/10/2022) di salah satu cafe di kota Kupang, terbilang cukup muda, dimana wanita kelahiran Kupang, 02 Februari 1997 ini adalah anak ke kedua dari pasangan Arky Manubulu dan Batseba Manubulu – Bandi( almrh)disela – sela bincang-bincangnya selalu menebar senyuman manis.

Perjalanan menuju sukses tentunya membutuhkan tahapan pendidikan yang harus di lalui dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat pendidikan lanjutan . wanita lulusan universitas Kristen Artha Wacana Kupang ini menceritakan bahwa tahapan pendidikan yang di lalui dengan penuh semangat dan rasa syukur , walaupun awalnya Dirinya ingin menempuh ilmu di Unkris khususnya bidang pendidikan Teologia tidak lolos dan tujuan nya untuk melayani umat sebagai seorang Pdt, namun dirinya punya prinsip bahwa melayani Tuhan tidak harus menjadi Pendeta namun jadi pendidik pun dapat melayani.

” Saya awalnya mendaftar di Unkris fakultas Teologi namun karena pada saat itu tidak lolos tahap wawancara maka saya kemudian beralih ke pendidikan agama Kristen ( PAK) karena dalam melayani Tuhan tidak harus menjadi Pendeta namun jadi pendidik pun dapat melayani,” tutur Siska.

Disampaikan juga sebelum nya, Pendidikan dasar di selesaikan di SD GMIT Namosain, SMP pada SMP Adyaksa Kupang, dan SMA di SMAN 1 Kupang. selanjutnya meraih S1 Ilmu pendidikan Agama Kristen di Unkris Kupang tahun 2018, dan pada tahun 2021 menyelesaikan S2 di Institut Injil Indonesia Batu Malang  dan pada awal tahun 2022 kemudian dirinya di percayakan menjadi Dosen di IAKN Kupang hingga saat ini.

Selain mengajar sebagai dosen, Wanita kelahiran Kupang 1997 ini pun terbilang seorang wanita yang tidak bisa di pandang sebelah mata karena semangat dan dedikasi bukan saja di bidang pendidikan namun dedikasi nya kepada kedua orangtuanya yang perlu di acungin jempol karena di usia muda ia tidak lantas berpangku tangan tapi juga membantu orang tua nya dalam mengembangkan usaha bapaknya di bidang logistik menjadi sekretaris di perusahaan orangtua nya.

Selain itu juga, Wanita yang punya motto hidup ” Terus melayani dengan Sungguh” ini juga aktif dalam pelayanan di bidang keagamaan yakni menjadi anggota persekutuan doa dan disela kesibukan nya sebagai dosen tetap menyisihkan waktu luang untuk mengikuti pelayanan di daerah – daerah terpencil di NTT dan memenangkan jiwa bagi Tuhan. Hal ini di harapkan menjadi inspirasi dan motivasi bagi kaum perempuan lainnya di NTT agar jadilah wanita yang mandiri, tangguh, dan berkaryalah dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki serta jadilah perempuan yang hebat bagi keluarga, masyarakat, NTT dan Tuhan.

” Saya berpesan kepada kaum perempuan di NTT, jadilah pribadi yang mandiri dan tangguh karena perempuan yang hebat bukan saja secara jasmani namun Rohani yang kuat yang dapat memberikan contoh atau teladan yang baik bagi orang lain, masyarakat¬†dalam kehidupan nyata.
,” Pungkas Siska Manubulu. ( Cp).

Biodata:
Nama lengkap : Febriana Fransiska Manubulu,S. Pd .M.Pd.

Tempat Tanggal Lahir : Kupang, 2 Februari 1997

Nama Bapak: Arky Manubulu
Nama Ibu : Batsyeba Manubulu – Bandi( Almrh).

Tingkat Pendidikan
SD : SD GMIT Namosain
SMP: SMP Adyaksa Kupang
SMA : SMA negeri 1 Kupang
SI Universitas Kristen Artha Wacana Kupang lulus Tahun 2018
S2 Institut Injil Indonesia Batu Malang
Lulus Tahun 2021.

Komentar