Tingkatkan Mutu Pendidikan, APSI Kukuhkan Badan Pengurus Provinsi NTT masa tugas 2022 – 2027

Kupang, Media Indonesia menyapa.com – APSI sebagai organisasi profesi pengawas sekolah yang memiliki tujuan untuk: meningkatkan kompetensi dan kinerja pengawas sekolah agar memiliki integritas. membangun pengawas sekolah yang berkarakter.

Terkait hal tersebut maka Pemerintah memandang perlu adanya pembentukan pengurus APSI di NTT agar bersama meningkatkan mutu pendidikan melalui pengawasan yang lebih baik bagi pendidikan di sekolah.

Oleh sebab itu, pada Kamis(39/09/2022)Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) mengukuhkan badan pengurus APSI NTT masa tugas 2022 – 2027 di Aula SMKN 3 Kupang oleh pengurus APSI pusat.

Selain pengukuhan Badan Pengurus APSI NTT, kegiatan di sertai seminar pendidikan bagi para pengawas sekolah yang di buka oleh Sekda NTT
Domu Warandoy SH, M.Si.
Dalam sambutannya, Sekda NTT mengatakan, Pemerintah Provinsi NTT merasa senang karena ada yang membantu mengawasi pendidikan di NTT dalam hal ini APSI yang baru saja dikukuhkan. APSI diharapkan dapat memantau pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan seluruh urusan kependidikan sma-smk Provinsi serta SMP dan SMP, SD.

“Jangan dianggap bahwa kehadiran APSI ini menjadi saingan nya pengawas dan korwas, Saya kira Lembaga ini adalah lembaga yang dapat membantu pemerintah Provinsi dan bahkan secara Nasional,” tegas Warandoy.

Warandoy juga menyampaikan, kalau bisa, APSI tidak hanya terbentuk di tingkat Provinsi namun sekiranya dapat terbentuk di kabupaten dan kota serta mungkin perlu dibentuk secara struktur di 22 kabupaten kota di Nusa Tenggara Timur.

“Saya Kira kepengurusan ini perlu digagas oleh ketua dan pengurus Provinsi, karena merupakan perpanjangan tangan dari organisasi baik dari pusat dan Provinsi,” kata Sekda NTT.

Ket Foto : Ketua APSI NTT, Simon Gasang..S.pd.MBA

Sementara itu Ketua APSI NTT yang baru saja di kukuhkan, Simon Gasang..S.pd.MBA saat di wawancarai media Indonesia menyapa mengatakan APSI baru terbentuk di NTT, dan dengan terbentuknya APSI maka langkah awal nya, APSI akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah agar meningkatkan kualitas pendidikan di NTT ke arah yang lebih baik.

Melalui wadah ini, Gasang mengatakan dapat menghimpun semua pengawas baik di Dikdas, Dikmen dan Kemenag untuk bersama mengayunkan langkah meningkatkan mutu pendidikan di NTT.

Diakuinya bahwa selama ini baik Dikdas, Dikmen, Kemenag berjalan sendiri sehingga belum seirama, oleh sebab itulah dengan adanya APSI diharapkan Pendidikan di NTT dapat bersama membawa pendidikan ke arah yang lebih baik lagi

“Dengan adanya APSI di NTT kita dapat mempunyai semangat yang sama mendukung pemerintah daerah untuk meningkatkan mutu pendidikan di NTT,” kata Ketua APSI NTT.

Ditambahkan pula, APSI NTT juga mempunyai semangat yang tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan di NTT namun tentunya APSI juga membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah agar bersama para pengawas sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di NTT karena memang perlu diketahui kuota pengawas sekolah masih sedikit.

Langkah pertama yang akan di lakukan adalah berupaya berkolaborasi antar pengawas baik dari Dikmen, Dikdas maupun Kemenag sehingga dapat seragamkan langkah dan semangat sehingga bersama meningkatkan mutu pendidikan dan membawa pendidikan untuk lebih berkualitas. ( CP).

Komentar