Pentingnya Projek Profil Pelajar Pancasila, SLB Asuhan Kasih Kupang Gelar Penyusunan Modul Ajar Projek Profil Pelajar Pancasila Bagi Para Guru

Kupang, media Indonesia menyapa.com
Pembelajaran proyek yang selanjutnya dinamakan Proyek Profil Pelajar Pancasila merupakan bagian dari kurikulum merdeka belajar. Pembelajaran proyek mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2021-2022 bagi sekolah Program Sekolah Penggerak.

Sebagai sekolah penggerak, SLB Asuhan Kasih Kupang menyelenggarakan kegiatan penyusunan modul ajar projek profil pelajar pancasila tahun ajaran 2022 yang berlangsung selama tiga hari di mulai tanggal 21 mei 2022 di SLB Asuhan Kasih.

Penyusunan Modul ajar projek profil pelajar pancasila merupakan perencanaan pembelajaran dengan 3 modul ajar meliputi kewirausahaan, Kebhinekaan dan muatan lokal.

Kepala SLB Asuhan Kasih Kupang, Amini S,Pd dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan penyusunan modul ajar projek profil pelajar pancasila menyampaikan bahwa dalam penyusunan modul ajar ini yang mencakup tiga modul tersebut perlu adanya kerjasama dan kolaborasi yang baik antar guru sehingga semua dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

“Semua sistem pembelajaran sebenarnya sudah kita kerjakan jadi pada kesempatan ini , kita hanya cukup mengerjakan modulnya projek nya saja,
dan untuk tahun 2022, kita akan berusaha menyelesaikan tiga modul
Projek, dimana seharusnya untuk SLB kita akan mengerjakan 7 projek ajar,” Jelas Amini.

Menurut Amini, berbasis projek maka untuk tingkat SLB yang disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, dan berbasis perkembangan jangka panjang sehingga akan dicapai selama tiga tahun.

Kepala SLB Asuhan Kasih berharap agar para guru dapat menyusun dan menyelesaikan modul ajar dengan memperhatikan kemampuan para siswa juga. Selain itu dapat dengan tertib dan penuh tanggung jawab dalam mengerjakan dan menyelesaikan penyusunan modul ajar dengan baik.

Sementara itu, Koodinator pengawas( KORWAS) NTT Eliazer Benu, S.Pd, M,Si pada kesempatan yang sama saat membuka kegiatan penyusunan modul ajar projek profil pelajar pancasila di SLB Asuhan Kasih mengatakan, kurikulum baik dari tingkat pemerintah pusat, Provinsi, Kabupaten dab Kota diharapkan berjalan dan bekerja bersama. apa yang di lakukan pemerintah pusat maka pemerinrah Provinsi pun harus melakukan yang sama dengan melanjutkan ke Kabupaten dan kota. Saling berkolaborasi untuk menyukseskan kurikulum merdeka belajar.

Terkait penyusunan modul ajar. Eliazer mengatakan, patut di syukuri dimana SLB Asuhan Kasih sudah sampai pada tahap penyusunan modul ajar projek profil pelajar pancasila, oleh sebab itu, dirinya berharap para guru dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik sesuai regulasi yang ada.

Menurut Korwas, Untuk penyusunan modul ajar ini, guru perlu menentukan waktu sesuai dengan kebutuhan siswa, guru pun perlu memperhatikan struktur kurikulum dan di harapkan para guru dapat berkerjasama dengan baik dalam penyusunan modul ajar projek profil pelajar pancasila sehingga program merdeka belajar dapat benar – benar berjalan dengan baik.

” Kedepannya Saya bersama tim pengawas akan melakukan supervisi di setiap sekolah, dan juga di SLB Asuhan Kasih dengan tujuan dapat melihat setiap kinerja para guru yang masih dan belum bekerja dengan baik agar bisa di bantu agar kedepannya dapat melaksanakan tugas lebih baik lagi,” Pungkas Eliazer Benu. ( CP).

Komentar