Gelar Vaksinasi Drive Thrue, PSMTI Kota Kupang Harap Masyarakat Capai Herd Immunity

Kupang, MIM.com
Herd immunity atau kekebalan kelompok (komunitas) adalah keadaan saat sebagian besar masyarakat terlindungi atau kebal terhadap penularan penyakit tertentu.

Terkait hal tersebut maka di situasi pandemi covid – 19 yang kian melonjak di Nusa Tenggara Timur dan khususnya di kota kupang, dengan rasa solidaritasnya maka Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Kupang kemudian menggandeng Biddokkes Polda NTT untuk memberikan pelayanan vaksinasi dengan sistem drive thru bagi masyarakat Kota Kupang agar memudahkan masyarakat mendapatkan vaksinasi tanpa menunggu lama dan berdesak – desakan.

Kegiatan vaksinasi drive thru itu dilaksanakan di Grand Mutiara Restaurant and Ballroom Kupang pada selasa (22/02’2022) hingga beberapa hari ke depan sesuai animo masyarakat.

Wakil Ketua PSMTI Kota Kupang, Dedy Tanonef, mewakili Ketua PSMTI, Fransisco Bessie menyampaikan vaksinasi drive thru merupakan program awal PSMTI Kota Kupang untuk memberikan pelayanan vaksinasi bagi masyarakat dengan target 100 orang per hari.

Menurut Dedy, target vaksinasi yang di laksanakan setiap hari adalah 100 orang, namun dikarenakan animo masyarakat yang cukup tinggi maka di putuskan akan ditambahkan 200 orang pada vaksinasi yang akan di gelar pada hari Kamis 24 Februari 2022 mendatang

“Vaksinasi pola drive thru, yang kami gelar tidak menghambat aktivitas masyarakat, karena waktu yang dibutuhkan cukup singkat, sehingga masyarakat dengan mudah mengikuti dan tidak merasa terganggu aktifitas mereka,” ucap Dedy.

Dedy menambahkan, Vaksinasi tersebut terbuka untuk umum, dan dalam vaksinasi itu ditemukan banyak warga Kota Kupang yang baru mengikuti vaksinasi tahap 1.

Sementara itu, Iptu Wahid Wahyudi, selaku koordinator vaksinator Biddokkes Polda NTT, menerangkan pihaknya bekerja sama dengan PSMTI Kota Kupang dalam upaya vaksinasi bagi masyarakat.
Kegiatan vaksinasi drive thru, kata dia, akan terus dilakukan demi mencapai herd immunity.

“Vaksinasi yang kami lakukan terbuka untuk umum baik anak-anak maupun orang dewasa. Pada kesempatan ini kami juga melayani vaksinasi kedua yakni Astragenza dan Physer untuk dewasa,” jelas Iptu Wahid Wahyudi,

Dijelaskan pula oleh koordinator vaksinator Biddokkes Polda NTT, sistem vaksinasi yang dilakukan yakni apabila warga yang telah di vaksin mengunakan vaksin sinovac l dan dalam kurun waktu lebih dari 4 bulan belum dilanjutkan untuk vaksin kedua maka vaksin yang pertama tidak efektif lagi dan harus mengikuti vaksin awal lagi.

“Mamfaat dari Vaksin sinovac l dan 2 tujuannya untuk membentuk imun anti body agar ada herd immunity sehingga ketika bersama keluarga akan aman,” jelas Iptu Wahid Wahyudi.

Harapan dari PSMTI mengelar vaksinasi di laksanakan agar dapat mendukung pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat sehingga masyarakat Kota Kupang dapar capai herd immunity.

Mulyono Subroto selaku sekretaris PSMTI kota kupang. menambahkan apabila masyarakat sehat maka ekonomi juga akan lancar, karena apabila masyarakat sakit maka ekonomi akan macet. Oleh sebab itu , PSMTI dengan menggelar program vaksinasi ini turut mendukung pemerintah dalam menyehatkan masyarakat dari pandemi covid – 19 yang saat ini masih terus melanda. ( CP).

Komentar