Wow !! RAT TB 2021, Kadis Nakertrans NTT Akui, NPL Ksp Kopdit Harmoni Jaya Nol Persen

Kupang, media indonesia menyapa.com
Ksp Kopdit Harmoni jaya adalah salah satu koperasi berstatus sehat kota kupang yang terus berkiprah pada jasa pelayanan keuangan anggota.
Perkembangan koperasi ini di tandai dengan semakin meningkatnya aset koperasi dari tahun ke tahun.peningkatan aset ini memberi gambaran bahwa keterlibatan anggota cukup positif dalam menopang perkembangan koperasi.
Mengingat koperasi adalah unit usaha keuangan yang di bangun dari anggota,oleh anggota dan untuk kepentingan anggota maka Ksp kopdit Harmoni jaya melakukan program evaluasi kinerja Ksp kopdit Harmoni Jaya. Hal itu bertujuan melihat dan mengevaluasi secara rinci tingkat keberhasilan pada bidang organisasi maupun bidang permodalan.

Terkait dengan program evaluasi kinerja KSP kopdit Harmoni Jaya, maka pada Tahun Buku XXI 2021, KSP kopdit Harmoni Jaya melakukan rapat angota tahunan yang berlangsung pada minggu (06/02/2022).di resto celebes dengan mengusumg tema “menyatukan perbedaan dengan bingkai kebersamaan demi kemajuan koperasi harmoni jaya”.

Pada kesempatan tersebut pembina KSP kopdit Harmoni Jaya, Gasim HM Nur menuturkan bahwa pencapaian dan pertumbuhan KSP kopdit Harmoni Jaya hingga pada tahun ke – XXI ini sudah melewati berbagai suka – duka, tantangan demi tantangan, KSP Harmomi Jaya dapat mencapai usia ke – XXI hanya dengan kerja keras. Perjuangan dan kesabaran.

Di ungkap, Gasim, Ksp kopdit Harmoni jaya didirikan berawal dari rasa kebersamaan dan keprihatinan kepada para guru dan staf di salah satu sekolah madrasyah.berangkat dari itu maka timbul lah insiatif untuk mendirikan Koperasi.

“Ksp kopdit Harmoni jaya sebelum berkembang hingga kini mencapai usia ke XXI pada TB 2021, sudah melalui suatu proses yang tidak mudah, berbagai suka, duka, tantangan, namun kami terus bersabar menjalani dan pada akhirnya kini sudah semakin bertumbuh dengan adanya peningkatan baik pada anggota maupun aset,” ungkap Gasim Nur.

Sementara itu, General Manager KSP kopdit Harmoni Jaya, Ardona, pada kesempatan yang sama menyampaikan pada TB 2021, pertumbuhan anggota dan aset Ksp Harmoni Jaya terdiri dari anggota 1805 orang dengan aset Rp.13.330.000.000.

Ardona mengakui kopdit ini baru membuka cabang di Alor dengan aset 2,5 miliar Rupiah dan anggota 680 orang. Ke depan direncanakan buka cabang di Flores dan Sumba.

Lebih lanjut general Manager kSP kopdit harmoni Jaya menjelaskan, kopdit Harmoni jaya mempunyai beberapa jenis tabungan antara lain tabungan Simponi, deposito, dana pendidikan, simpanan masa depan, dan Daperna. Selain itu, KSP Harmoni Jaya juga mempunyai produk unggulan yakni pelayanan pinjaman harian tanpa potongan dengan bunga yang sangat rendah.

“Selain mempunyai produk-produk unggulan, KSP Harmoni Jaya juga memiliki strategi yang menarik untuk menambah anggota baru dengan cara memberikan reward kepada anggota ketika mendapatkan anggota baru yakni bonus senilai Rp.30.000 per orang,” kata Ardona.

Kadis koperasi tenaga kerja dan transmigrasi provinsi NTT, Silvy Pekudjawang, saat membuka rapat anggota tahunan KSP kopdit Harmoni jaya menyampaikan pemerintah NTT akan melakukan fungsi pembinaan keberadaan koperasi di NTT.

Menurut Silvy, untuk mengembangkan koperasi agar menjadi besar, kuncinya dengan bekerja bersama mencari dan menambah anggota agar dapat perkuat manajemen.

“Pada kesempatan ini, saya ingin sampaikan bahwa KSP Harmoni Jaya dalam sistem pengelolaannya berjalan dengan baik di mana NPL nya 0%. Oleh sebab itu, saya mau katakan, anggota jangan ragu soal keberadaan KSP harmoni Jaya dan terus pertahankan hasil yang di capai ini,” tegas Silvy.

Diakui Silvi ksp Harmoni Jaya cukup sehat dengan angka penilaian 70.
Namun Silvy mengingatkan kepada para anggota agar senantiasa mentaati aturan simpan pinjam yang berlaku agar kopdit harmoni Jaya terus berkembang dan bertumbuh.

Ketua Puskopdit BK3D NTT, Vinsen Repu, dalam sambutannya mengatakan, puskopdit NTT akan selalu membuka diri Bagi pengurus dan manajemen kSP harmoni Jaya dalam upaya membesarkan koperasi.
Vincent repu juga mengajak manajemen Ksp Harmoni Jaya untuk bersama bergandengan tangan membesarkan mengembangkan KSP harmoni Jaya.

Selain itu, soal pengawasan dalam sistem manajemen dan keuangan KSP Harmoni Jaya, selalu dilakukan pemeriksaan secara rutin setiap bulan. Hal itu disampaikan oleh pengawas, KSP Harmoni Jaya, Jelaini, di sela-sela rapat anggota tahunan TB 2021.

“Kami dalam sistem pengawasan, jika ada permasalahan maka kami akan mencari solusi dan menyelesaikan cara kekeluargaan karena KSP Harmoni Jaya hadir dalam kebersamaan,'” jelas Jelaini. ( CP ).

Komentar