Pengurus MUI NTT Siap Dikukuhkan dan Ta’aruf

NTT, mediaindonesiamenyapa.com
Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi NTT masa khidmat 2021-2026. Segera akan di kukuhkan dan Ta’aruf.
Pengukuhan dan Ta’aruf Pengurus baru ini akan dilaksanakan pada 17 Januari 2022 di Aula El Tari Kupang.

Hal ini disampaikan Anwar Pua Geno, selaku ketua panitia. Saat menggelar jumpa Pers di sekretariat MUI NTT, Jln Ir. Soekarno No. 24 Fontein Kupang, Kompleks Masjid Raya Nurussa’adah, Kamis (13/01/2022).

Ketua Panitia, Haji Anwar Pua Geno, SH, menjelaskan, pengukuhan dan Ta’aruf Pengurus MUI NTT masa khidmat 2021-2026 ini agar diketahui seluruh umat Islam dan rakyat NTT, juga Ormas lainnya bahwa MUI NTT telah resmi memiliki pengurus baru pada 17 januari mendatang.

Dijelaskan Pua Geno, Sebelumnya Pada 1-3 Desember 2021 lalu, Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) IX di Kota Kupang. Musda berhasil memilih H.Muhamad S.Wongso sebagai Ketua Umum MUI NTT masa khidmat 2021-2026.

“Setelah Musda tersebut, pada 14 Desember 2021, MUI Pusat telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) pengukuhan pengurus baru MUI NTT masa kidhmat 2021-2026. dan sebagai formalitas organisasi, maka MUI NTT sepakat menetapkan 17 Januari 2022 sebagai hari Pengukuhan dan Ta’aruf pada pukul 15.30 Wita di Aula El Tari, Jln Polisi Militer,” jelas Ketua DPRD NTT periode 2014-2019 ini.

Menurut ketua Panitia , waktu pengukuhan dan ta’aruf itu akan disesuaikan dengan waktunya Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, dan juga yang mewakili Ketua Umum MUI Pusat.

Disampaikan Anwar, pada saat pengukuhan dan Ta’aruf akan hadir dari MUI Pusat Wakil Ketua Umum, Prof Marsudi Syuhud. Gubernur NTT dan unsur Forkopimda, juga delegasi dari MUI kabupaten/kota se-NTT.

Anwar Pua Geno menambahkan. Sehari sebelum pengukuhan dan ta’aruf itu, yakni pada 16 Januari hingga 17 Januari siang, akan dilaksanakan orientasi dan penyegaran kepada pengurus dengan tujuan agar pengurus memiliki referensi dan pemahaman yang mendalam tentang keorganisasian MUI, memahami wawasan dan visi misi MUI, juga prinsip-prinsip dan pedoman penerbitan fatwa-fatwa MUI, serta program kerja MUI lainnya.

Untuh di ketahui, pemateri dalam orientasi tersebut antara lain Kapolda NTT membedah Penegakan Hukum di NTT, juga Danrem Kupang yang menyoroti Peranan TNI dalam Menjaga Keamanan dan Kesejahteraan di Daerah Perbatasan dengan Timor Leste dan Australia. “Peserta orientasi kurang lebih 200 orang.

Tema utama dari pengukuhan dan ta’aruf MUI NTT masa kidhmat 2021-2026 adalah “Sinergi Ulama dan Umaram untuk Wujudkan NTT Bangkit Menuju Sejahtera”.

Ditambahkan Pua Geno, sebelum pengukuhan dan ta’aruf, jajaran pengurus pun telah melakukan safari audiensi atau silahturami dengan Gubernur NTT, Danrem, Kapolda, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Ketua Sinode GMIT dan Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang, juga Kakanwil Kementerian Agama NTT.

Menurut Anwar Pua Geno, Peserta yang akan hadir pada acara pengukuhan dan Ta’aruf berjumlah 250 orang perwakilan dari Kabupaten / kota di NTT dan 200 orang akan mengikuti orientasi dan penyegaran di asrama haji Kupang. ( CP).

Komentar