Meningkat Covid -19 di TTU , Pemda TTU Butuh Tambahan Vaksin dari Pemprov NTT

Ket foto : Wakil Bupati TTU, Eusabius Binsasi

TTU, media indonesia menyapa.com –
Peningkatan kasus Covid-19 meningkat tajam di Timor Tengah Utara.
Data terbaru yang dirilis gugus tugas Covid-19 TTU, pada Rabu (14/7/2021), yakni ada penambahan 11 orang yang terkonfirmasi positif dari hasil Pemeriksaan rapid antigen dan total keseluruhan yang terkonfirmasi positif covid -19 sebanyak 355 orang.

Para pasien Covid-19 ini tersebar di beberapa kelurahan dan sedang di rawat di rumah sakit rusunawa, rs Leona, Blk dan Lbk

Wakil Bupati TTU, Eusabius Binsasi kepada media ini melalui telepon selulernya, Rabu (14/7/2021)menyampaikan bahwa meningkatnya Covid -19 di TTU maka pemerintah kemudian berlakukan
Pengaturan pemberlakuan pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro untuk pengendalian penyebaran
Covid -19, yang termuat dalam mendagri no. 14 Tahun 2021.
Diberlakukannya PPKM karena Provinsi NTT termasuk kabupaten TTU, tingkat kematiannya diatas tingkat kematian nasional yakni 3,44 % sedangkan secara nasional 2,8 %

Selain itu ditambahkan wabup TTU, sesuai indikator dari satgas, positif rate diatas 5 %. Sehingga dari data tersebut menunjukan kabupaten TTU masuk
dalam perpanjangan pemberlakuan PPKM.

Sementara itu, oleh karena meningkatnya penyebaran covid -19 di TTU, maka pemda TTU juga mengadakan vaksinasi massal kepada masyarakat yang di atur jadwalnya sehingga tidak terjadi antrian saat vaksinasi.

Dikatakan Wakil Bupati TTU, Sampai saat ini penyebaran Covid 19 sudah sangat tinggi oleh sebab itu pemerintah daerah TTU sudah melakukan berbagai langkah untuk dilakukan yakni dengan menyediakan tempat isolasi untuk yang terkonfirmasi positif Covid 19 karena rumah sakit yang ada di TTU sudah penuh.
Selain itu juga diberlakukan nya PPKM, dan Vaksinasi bagi masyarakat.

Menurut Eubisius, tiap hari selalu dilaksanakan vaksinasi, Namun ada kekurangan obat Vaksin sehingga Dinkes terus berupaya untuk mendatangkan obat agar pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat bisa terus berjalan untuk meminimalisir penyebaran Covid 19 di TTU.

“Kami setiap hari selalu melakukan vaksinasi kepada masyarakat namun kurang ketersediaan vaksin di TTU sehingga masyarakat belum semua mendapatkan vaksinasi.oleh sebab itu kami terus mendorong Dinkes NTT agar dapat mensuplai obat vaksin ke TTU agar vaksinasi dapat terus dilakukan,” Tandas Eubisius Binsasi.

Kurangnya ketersediaan obat vaksin di TTU, Wabup TTU juga mengatakan, pemda akan terus berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi NTT dan beberapa dinas lainnya agar dapat membantu mensuplay kebutuhan obat Vaksin ke TTU agar pelaksanaan vaksinasi dapat dilakukan.

Disampaikan Wabup juga bahwa saat ini Bupati dan Kapolres, Dandim sedang memantau PPKM, pelaksanaan vaksinasi, tempat penampungan agar menghimbau masyarakat agar taat Prokes sehingga dapat meminimalisir terjadinya peningkatan Covid 19.

Wabup TTU menghimbau kepada masyarakat agar taat dan patuh dalam menjalankan Prokes yang telah ditetapkan pemerintah dan edaran PPKM di taati secara ketat agar dapat menahan laju penyebaran Covid-19.

“Diminta kepada seluruh masyarakat TTU untuk tetap menjaga prokes karena Kurva Statistik menunjukkan angka pertambahan pasien cenderung meningkat tiap harinya. Mari kita tetap waspada,” pinta Eusabinsius. ( CP ).

Komentar