Dukung Layanan Kesehatan, Kabupaten TTU Mendapatkan 8 Tenaga Kesehatan dari Program Nusantara Sehat Kemenkes

NTT, Media Indonesia menyapa.com -Kabupaten Timor Tengah Utara mendapatkan 8 tenaga kesehatan dari program Nusantara Sehat Kemenkes RI.dari 8 tenaga kesehatan tersebut dua diantaranya adalah dokter umum yang akan bertugas di puskesmas yang ada di Kabupaten TTU.

Salah satu dokter yang ditempatkan di Kabupaten TTU khusus nya di Desa Eban, yakni Dokter Febrian Feryferdianto kepada media Indonesia menyapa disela-sela kegiatan yang digelar oleh Kementerian Kesehatan menyampaikan bahwa dirinya sebelum nya sudah mengikuti proses tahapan yang di lakukan oleh Kemenkes melalui program Nusantara sehat dan tahapan tersebut Ia jalani tanpa hambatan.

Dokter Umum yang berasal dari Kabupaten SIKKA Maumere ini mengatakan bahwa dirinya sudah pernah menjadi dokter di daerah terpencil sehingga ketika dirinya ditempatkan di daerah terpencil, baginya bukan sesuatu hal yang baru lagi. Walaupun keluarga harus ditinggalkan namun karena profesinya sebagai dokter harus dijalankan dan juga tugas tersebut merupakan suatu pengabdian bagi bangsa dan negara Indonesia.

“Sebagai dokter saya harus siap untuk bekerja, karena ini merupakan suatu pengabdian kepada masyarakat dan kepada negara Indonesia, walaupun harus terpisah dengan keluarga. Saya juga memilih ditempatkan di Kabupaten TTU karena saya sendiri belum pernah ke TTU,” ucap dr Febrian dengan penuh semangat.

Selain itu Kepala dinas Kesehatan Timor Tengah Utara, Thomas Laka, S.Km kepada media Indonesia menyapa di Asthon Hotel Minggu (05/10/2020) menyampaikan bahwa dari Kemenkes melalui Program Nusantara Sehat, Kabupaten TTU mendapatkan 8 orang tenaga kesehatan dan dua orang tenaga dokter umum yang akan bertugas di Puskesmas Eban dan puskesmas Enimasi, sedangkan tenaga kesehatan lainnya akan bertugas dan tersebar di beberapa desa di TTU.

Menurut kepala dinas kesehatan TTU , di Kabupaten TTU sendiri memang sesuai dengan usulan atau perencanaan yang disampaikan saat desk dengan kementerian di pusat , di TTU sendiri masih ada beberapa puskesmas yang belum ada tenaga dokter nya , walaupun dari pemerintah daerah sudah ada kebijakan melalui penganggaran dari Pemda dan PTT daerah. oleh sebab itu pemerintah sangat mengharapkan tenaga kesehatan tersebut.

” Secara umum kami sangat bersyukur telah mendapatkan tenaga kesehatan dari Kemenkes melalui program Nusantara Sehat. Penetapan tenaga kesehatan ini merupakan program dari Presiden Jokowi untuk tingkatkan pelayanan kesehatan di daerah, oleh sebab itu penganggaran disiapkan oleh pemerintah pusat sedangkan di daerah kami hanya menyediakan sarana dan prasarana saja” ungkap Thomas Laka.

Untuk diketahui bahwa Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk program kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan pada Kemenkes. Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Program Nusantara Sehat bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan  akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di DTPK dan DBK juga mempunyai  tujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas di DTPK.

Program ini merupakan program lintas unit utama di Kemenkes yang fokus tidak hanya pada kegiatan kuratif tetapi juga promotif dan preventif untuk mengamankan kesehatan masyarakat (public health) dari daerah yang paling membutuhkan sesuai dengan Nawa Cita.

Nusantara Sehat merupakan sebuah terobosan Kemenkes dalam upaya penguatan pelayanan kesehatan dari segi pendistribusian dan pemerataan tenaga kesehatan ke seluruh wilayah Indonesia

dr.Nila Mulyani, M.Si perwakilan dari Kemenkes RI dalam sambutannya pada acara serah terima tugas penempatan tenaga medis bagi 11 Kabupaten di NTT mengatakan jumlah tenaga kesehatan dari program Nusantara Sehat untuk Provinsi NTT dengan total tenaga kesehatan dari Nusantara Sehat sebanyak 93 orang.
dr.Nila Mulyani menyampaikan, dari 93 orang tenaga kesehatan yang ditempatkan di Provinsi NTT tersebar di 11 Kabupaten di NTT. Kebanyakan tenaga kesehatan berasal dari luar Provinsi NTT dan sudah berpengalaman.

“Harapan kami dari Kemenkes semoga adik – adik dari Nusantara Sehat Kemenkes ini dapat bekerja dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat yang ada di daerah serta tetap komitmen di daerah, kalau ada masalah dapat disampaikan secara berjenjang dari daerah, Provinsi dan apabila tidak dapat ditangani baru ke Kemenkes. dan kami mengucapkan selamat bertugas,” pungkas dr. Nila Mulyani.

Serah terima penetapan tenaga kesehatan oleh Nusantara Sehat Kemenkes dilakukan oleh ldr Nila Mulyani kepada kepala dinas kesehatan Provinsi NTT yang diwakili oleh kepala bidang SDM, Joice Tibuludji dan selanjutnya di terima langsung oleh masing-masing perwakilan dari 11 Kabupaten di NTT. Sedangkan pada tersebut juga serah terima penetapan tenaga kesehatan kepada pemerintah Timor Tengah Utara di terima langsung oleh Kepala dinas kesehatan kabupaten TTU, Thomas Laka, S.km. ( CP ).

Komentar