Peluncuran KMP Garda Maritim 3 ditandai Dengan Penandatanganan Prasasti

Kupang,mediaindonesiamenyapa.comSebagai bentuk partisipasi dalam mendukung Program Tol Laut yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, Multi Guna Maritim kini kembali menghadirkan kapal Ferry Ro-Ro terbaru yang bernama Garda Maritim 3 untuk wilayah Nusa Tenggara Timur. Lintasan yang akan ditempuh adalah dari Pelabuhan Bolok ke Pelabuhan Rote Ndao.

Direktur PT Garda Maritim NTT, Yusak V Benu dalam sambutannya mengatakan, Perusahaan MG Maritim, didirikan pada 2009 yang bergerak dibidang logistik batu bara dan angkutan pelayaran antar pulau. Pada tahun 2017, MG Ekspansi ke angkutan pelabuhan, dan merupakan angkutan fery dan pertama kali nya pada 2019 launching KM Fery Garda Maritim 2 di NTB untuk melintasi Sumbawa PP. Dan pada Jumat 2 Oktober 2020 launching KMP Garda Maritim 3 dengan rute Kupang – Rote.

Yusak berharap dengan bertambahnya KMF MG Maritim 3 akan memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di NTT.
Dirinya juga mengapresiasi proses pengurusan surat-surat ijin yang sangat cepat hanya dalam satu hari sejak sebulan lalu Kapal tiba dari Malaysia ke Kupang.
“Saya apresiasi Kepala Dinas Perijinan Satu Pintu Kota Kupang dan NTT. Ketika Kapal tiba di Kupang, besoknya surat-surat sudah lengkap.” Jelas Yusak Benu.

Direktur PT MG berharap dengan kehadiran MG Maritim 3 dapat menjawab kebutuhan masyarakat Rote Ndao dalam arus transportasi barang dan penumpang dengan lebih cepat dan lancar.
“Semoga pelayanan KM Fery Garda  Maritim 3 dapat memuaskan seluruh masyarakat NTT, khususnya Rote Ndao.” Ucap Yusak.

Pada saat peluncuran KMP Garda Maritim 3 di Pelabuhan Bolok, Kupang pada hari Jumat, 2 Oktober 2020 sore ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur NTT yang diwakili oleh Kepala dinas Perhubungan, Ishak Nuka yang disaksikan oleh wakil ketua DPRD NTT, ketua Kaddin NTT, Wakil Bupati Rote Ndao dan para pengusaha serta tamu undangan lainnya.

Direktur PT Maritim Multi Guna juga menjelaskan bahwa KMP Garda Maritim 3 yang baru diluncurkan ini dapat menampung 300 penumpang. Kapal modern ini telah dilengkapi dengan fasilitas nyaman seperti; kamar penumpang VIP dengan tempat tidur, area penumpang indoor ber-AC yang menayangan film box office sepanjang perjalanan, area penumpang outdoor dengan kantin, ruang ibu menyusui, ruang ibadah, ruang klinik kesehatan, toilet yang bersih, dan masih banyak lagi.

“Salah satu keunggulan KMP Garda Maritim 3 yaitu tinggi cardeck kapal yang didesain mencapai 4,5 meter, sehingga KMP Garda Maritim 3 mampu mengangkut semua jenis kendaraan roda 4, termasuk truk besar dan tronton. Dibekali dengan mesin mutakhir berkekuatan 2000 tenaga kuda buatan Mitsubishi Jepang, kapal ini diyakini dapat berlayar dari Kupang ke Rote dalam waktu tempuh 3 jam dan begitu juga sebaliknya,”Ujarnya.

Dirinya menambahkan dengan diresmikannya KMP Garda Maritim 3 ini, MG Maritim bertekad agar kapal tersebut dapat membantu kelancaran perputaran perekonomian antar pulau di wilayah NTT, salah satunya yaitu dengan mengangkat standar fasilitas dan layanan penumpang penyebrangan. Selain itu, penambahan armada kapal penyeberangan juga diharapkan dapat menekan disparitas harga pada wilayah Indonesia timur sebagai tujuan awal daripada Program Tol Laut tersebut.

“MG Maritim terus mempersiapkan armada kapal baru untuk menunjang kebutuhan penyebrangan di seluruh Indonesia. Saat ini kapal kedua dari MG Maritim sedang dalam tahap pembangunan. Kapal yang juga dipersiapkan untuk penyeberangan di wilayah NTT ini direncanakan akan selesai pembangunannya pada kuartal kedua tahun depan,”Pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, kepala ASDP Cabang Kupang Cuprayitno bersyukur dan apresiasi atas perhatian MG Garda Maritim 3 dan saat ini Kupang-Rote Ndao sudah memiliki kapal-kapal berkualitas, yang selama ini dikelola ASDP Kupang dan sekarang pihak swasta KMP Garda Maritim 3.

“Selamat datang KMP Garda Maritim 3, mari sama-sama memberi kontribusi bagi masyarakat dan pemerintah lewat usaha transportasi yang akan mengangkat ekonomi NTT dan tentu akan mendukung pembangunan Pariwisata NTT lewat spot lukisan dan tayangan destinasi wisata dan budaya NTT.” Ujarnya.

Ishak Nuka Kepala dinas Perhubungan NTT dalam membacakan sambutan Gubernur NTT mengatakan bahwa pemerintah sangat apresiasi komitmen PT Multi Guna Maritim yang sudah ikut meramaikan arus transportasi laut dengan peluncuran KMF Garda Maritim 3 hari ini.
“Kami berharap kehadiran KMP Multi Guna Maritim 3 akan membangun dibidang transportasi NTT. Dan  sebagai pemerintah provinsi NTT tentunya sangat mendukung dan mensyukuri oleh karena topografi NTT yang sangat bergantung pada transportasi laut dan saya yakin hadirnya  KMP MG Maritim 3 ini akan berguna bagi masyarakat  NTT dan kabupaten  Rote Ndao dan nantinya Sabu Raijua  yang akan dilayani oleh kapal ini.” Ujarnya dalam sambutannya.

Pemerintah NTT berharap dengan kehadiran kapal fery ini dapat mencapai komitmen “NTT Bangkit dan Sejahtera.
“Karena dengan lancarnya transportasi laut akan ikut melancarkan arus barang ke Rote Ndao yang tentunya dapat meningkatkan kualitas pelayaran penumpang dan menekan harga barang-barang kebutuhan. Diharapkan juga KMP MG Maritim 3 akan mendukung pembangunan pariwisata NTT.” Ujarnya mengutip sambutan gubernur.

Menjawab kebutuhan masyarakat di Flobamora dan  menjadi sarana akses antar daerah dan mendukung kemajuan destinasi pariwisata karena memudahkan pelayaran dan kehadiran wisatawan ke Rote Ndao dan ke seluruh NTT. Dan memberi angin segar dan ruang gerak  bagi pelaku usaha di Rote Ndao dengan kelancaran pelayanan transportasi laut, sehingga menghilangkan rasa kekhawatiran atas pertumbuhan usaha mereka di Rote Ndao dan NTT.” jelas Ishak Nuka.
“Diharapkan KMP MG Maritim  3 akan membantu melancarkan transportasi laut dalam segala aspek. Diharapkan agar masyarakat makin sadar untuk bangkit dengan cerdas untuk meneruskan program pembangunan yang sedang dilakukan  oleh pemprov.NTT.” ungkapnya.

Kepada masyarakat Gubernur VBL berpesan  agar menjaga kebersihan KMP MG Maritim 3 sehingga bisa melayani konsumen penumpang dengan baik dan menjadikan kapal ini sebagai sarana  transportasi laut yang akan melancarkan distribusi orang dan barang ke Rote Ndao.Terutama dalam masa pandemi ini harus taat protokol kesehatan demi menjaga diri dan orang lain dari penyebaran Covid 19.
“Kita harus berani ikut berjalan dalam sebuah perubahan jika ingin maju.” Ujar sambil mengucapkan doa kiranya kapal ini beroperasi dengan pimpinan Tuhan sekaligus melaunching peluncurannya.

Pada kesempatan tersebut juga , Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M.Saek, kepada media ini mengapresiasi peluncuran  KMF Garda Maritim 3 milik PT Multi Guna dengan Rute Rote-Kupang.
“Dengan penambahan KMP Garda Maritim 3 memberi nuansa baru bagi pertumbuhan ekonomi msyarakat Rote Ndao.” kata Wakil Bupati Rote.

Stefanus Saek berharap bahwa dengan masuknya kapal ini, akan  lebih meningkatkan arus barang dan orang ke Rote Ndao yang  tentunya akan menambah dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kabupaten Rote Ndao yang selama ini masih lambat. Kami pemerintah berharap kapal ini  akan menambah armada transportasi laut ke Rote Ndao. Terutama bagi arus masuk keluarnya  truk-truk  yang  mengangkut barang baik sembako maupun bahan bangunan ke Rote Ndao.” harap Stefanus.

Selain itu Ketua DPC HIPMI Kabupaten Rote Ndao Simson Polin, menyampaikan bahwa beberapa Minggu lalu PT MG sudah berkunjung ke Kabupaten Rote Ndao guna menginformasikan akan beroperasi nya KMP Garda Maritim 3 dengan rute Kupang-Rote dan sebaliknya.
“beberapa minggu lalu management PT MG sudah berkunjung ke Kabupaten Rote Ndao dan menginformasikan akan  beroperasinya  KMP Garda Maritim 3 dengan rute Kupang-Rote,” ucap Simson.

Pengusaha dari PT Sasando Group ini mengatakan, mereka menyambut baik peluncuran kapal dari HIPMI Ronda dengan menambah kapal Fery oleh PT MG Maritim 3 akan meningkat kan ekonomi karena dengan lancarnya arus barang akan menekan harga barang menjadi stabil dan masyarakat akan sangat terbantu.
“Saya mewakili kawan-kawan pengusaha muda ekspedisi kapal dan semua pengusaha distributor dan toko yang tergabung dalam HIPMI Rote Ndao sangat mendukung upaya PT Multi Guna hari ini, terlebih lagi pemerintah kabupaten Rote Ndao.” Tandas Simson.

“Kami DPC  HIPMI Rote Ndao bersama pemkab Rote Ndao, memberikan dukungan seluas dan sebesarnya kepada PT Multi Guna yang sudah merintis KMF Garda Maritim 3 hari ini. Kami berharap kehadiran kapal ini akan memberikan dapat membangkitkan perekonomian masyarakat Kabupaten Rote Ndao dan NTT kedepannya,” pungkas Simson Polin. (CP).

Komentar