Paket KITA SEHATI ( KM – YT) Gelar Ritual Adat Usai Deklarasi

Kefamenanu – media indonesia menyapa.com-Pasangan calon Bupati Kristiana Muki-Yosef Tanu (Kita Sehati)usai Deklarasikan paket KITA SEHATi di Balai Binmaffo dilanjutkan dengan melakukan ritual adat oleh Ketua adat dari tiga swapraja di Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT)dan juga ritual yang dilakukan untuk mengiringi pendaftaran pasangan calon bupati Kristiana Muki-Yosef Tanu (Kita Sehati) di Kantor KPU setempat, Sabtu (5/9/2020) sore.

Ritual adat dilakukan oleh tiga swapraja yakni Miomafo, Insana, dan Biboki yang membawahi 18 kefetoran, serta raja Sonbai menghadiri deklarasi pasangan calon Partai NasDem itu digedung Binmaffo yang berjarak sekitar 200 meter dari kantor KPU.

Prosesi ritual adat dilakukan pasangan calon bupati bersama pendukung diawali penyerahan sirih pinang, ayam, sopi, dan uang perak kepada ketua adat dan diakhiri dengan penyembelihan kerbau.

Untuk diketahui bahwa di gelarnya ritual adat bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati TTU tersebut mempunyai makna dan tujuan sebagai ungkapan hati dari pasangan calon menghargai raja dengan 18 kefetorannya dan juga dengan ritual ini, dengan harapan proses pemilihan kepala daerah prosesnya berjalan dengan baik, damai dan lancar.

Ritual adat yang dilakukan oleh pasangan calon juga dengan tujuan dan artian, menyerahkan diri secara total dan minta restu kepada leluhur, alam semesta dan Tuhan Yang Maha Esa agar mereka berproses mengikuti pemilihan kepala daerah ini secara damai aman dan lancar, dan juga meminta kekuatan untuk mereka kuat, berdiri tegak mengikuti proses ini sampai mereka menang, dilantik sebagai kepala daerah dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

Pantauan media indonesia menyapa, usai Ritual adat, pasanan calon Bupati dan wakil Bupati TTU, Kristiana Muki dan Yosef Tanu bersama para simpatisan menuju ke kantor KPU TTU sambil berjalan kaki untuk melakukan pendaftaran sebagai Calon bupati dan wakil bupati TTU dan Pendaftaran pasangan ini baru berakhir pukul 18.00 Wita.
(CP).

Komentar