Cawabup Yosef Tanu Kunjung Sonaf Lanasu Taolin Minta Restu Para Leluhur

Kefamenanu,mediaindonesiamenyapa.com-Bakal Calon Wakil Bupati, Yosef Tanu, dalam rangka mengukuhkan diri sebagai Atoin Meto secara adat istiadat mengunjungi Sonaf Lanasu Taolin untuk memohon restu para leluhur pada Jumat, (04/09/2020).

Kunjungan cucu dari Panglima Na’i Bone Nai, Yosef Tanu disambut hangat oleh Usif Fransiskus Manek Taolin bersama beberapa tua adat di Sonaf Lanasu Taolin, Desa Ainiut, Kecamatan Insana, TTU.
Pantauan Media Indonesia menyapa pada kesempatan tersebut, terlihat Cucu Panglima Na’i Bone Nai, disuguhkan Oko Mama (Tempat Sirih Pinang) di rumah Usif Fransiskus Manek Taolin. Dilanjutkan dengan minum teh bersama dan beranjak menuju Sonaf Lanasu Taolin yang berjarak 100 meter dari rumah kediaman Usif.

Yosef Tanu saat mengunjungi Sonaf Lanasu Taolin

Selanjutnya di lakukan ritual adat dihadapan para leluhur yang disimbolkan dengan faut nitu (Batu Adat), Simon Sanae Taboi dan sebagai Tua Adat mendoakan Yosef Tanu sekaligus meminta restu para leluhur.
Usai meminta restu kemudian seekor ayam disembelih untuk menghormati para leluhur. Sedang Yosef Tanu duduk bersila di hadapan faut nitu untuk mendapatkan berkat agung dari para leluhur.

Sulat i lo naleok. Kan mui fa akai batas (surat ini sangat baik, tidak ada penghalang sama sekali)” tandas Simon Sanae Taboi usai meramal usus ayam yang dibawak ke hadapan faut nitu.
Ramalan itu diperkuat dengan ungkapan Usif Fransiskus Manek Taolin yang mengatakan, masyarakat Ainan 100 persen mendukung Paket KITA SEHATI. Jika di antara masyarakat, ada yang tidak ikut mendukung berarti serta merta tidak mau lagi tinggal di Ainan.
Fransiskus Manek Taolin salah satu Usif, sangat antusias memberi dukungan terhadap Paket KITA SEHATI.

Para Tua Adat yang hadir ikut bersama – sama menguatkan ungkapan Usif.
Pah tuan nao nok’ko, he mait muteot hit kanak ma hit naik (Para leluhur bersamamu, supaya mengangkat dan mengagungkan nama dan kejantanan kita)” tandas Usif Fransiskus Manek Taolin, sembari mengakhiri permohonan restu kepada para leluhur. (Geztha/CP).

Komentar