Dukcapil Kupang Hadirkan “SIMPEL” Bagi Masyarakat

Kupang,mediaindonesiamenyapa.com-Untuk mengatasi persoalan administrasi kependudukan (Adminduk) maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil )Kota Kupang melakukan Inovasi bagi masyarakat Kota Kupang agar dapat memperoleh layanan yang mudah dan efisien dan langsung jadi tanpa harus antrean panjang di kantor Dukcapil.

Sistem informasi manajemen pelayanan terintegrasi secara elektronik (SIMPEL) adalah pelayanan administrasi kependudukan secara elektronik yang dipersembahkan oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Kupang bagi seluruh masyarakat kota Kupang dengan berbagai manfaat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang, Drs. Agus Ririmasse,M.Si , ketika ditemui media Indonesia menyapa di ruang kerjanya (2/9//2020).
Menurut Agus, layanan SIMPEL juga merupakan salah satu capaian kinerja dari Dukcapil Kota Kupang dalam menepis anggapan masyarakat terkait pelayanan publik yang dalam tahun-tahun sebelumnya sebagai mana diketahui bahwa banyak sekali memberikan citra buruk bagi pelayanan publik di Dukcapil Kota Kupang.

Agus Riri Mase , Kepala dinas yang penuh energik dan murah senyum tersebut menjelaskan bahwa, saat ini dinas Dukcapil Kota Kupang dari hari ke hari terus membenahi diri baik itu dari sistem layanan, sarana dan prasarana serta kinerja dari karyawan.

“Kami terus berbenah diri baik dalam sistem layanan yang cepat dan mudah bagi masyarakat. Saya juga menyampaikan kepada staf saya agar selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.sebagaimana kita diketahui dinas Dukcapil sebelumnya seperti apa, oleh sebab itu sekarang kami berusaha untuk memperbaiki sistem pelayanannya, seperti sistemnya, jaringan nya, Sumberdaya manusia nya.pola pikir nya harus di ubah,” imbuh Agus Riri Mase.

Agus menambahkan, dinas Dukcapil adalah dinas pelayanan publik yang melayani masyarakat di bidang administrasi publik , jadi prinsip nya masyarakat kota Kupang memiliki hak di bidang administrasi publik sehingga tugas Dukcapil adalah dapat melayani masyarakat agar benar-benar merasakan bahwa pemerintah hadir untuk membantu masyarakat.

Agus menambahkan bahwa, kita hidup untuk melayani bukan dilayani , oleh sebab itu selagi kita masih diberi kesempatan maka teruslah memberikan pelayanan yang terbaik.
Dan untuk memberikan pelayanan yang terbaik maka kita harus bekerja ekstra.

Agus menyampaikan juga saat Dinas Dukcapil bekerja ekstra dari waktu ke waktu, akhirnya membuahkan pencapaian – pencapaian dalam sistem layanan di dinas Dukcapil. Sehingga dari capaian tersebut ada kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri dirasakan oleh Dinas Dukcapil kota Kupang. semua itu berkat kerjasama yang baik dari seluruh staf.

“Capaian Dukcapil saat ini, perlu saya akui bahwa yang hebat adalah staf saya , mereka lah yang membuat perubahan, saya hanyalah pemimpin yang mengarahkan, semisalnya Nakhoda yang membawa kapal ini sampai ke tujuannya, saya hanya memantau saja dan kini dapat di lihat hasilnya, ” ujar Kadis Dukcapil dengan kerendahan hati.

Dijelaskan pula, dinas Dukcapil sudah melakukan banyak capaian seperti jemput bola dimana Dinas Dukcapil telah melakukan layanan pada tahun 2019 di Mako Brimob dengan melakukan sekitar 12 ribu layanan , memberikan layanan di panti sosial, layanan di LP anak, LP dewasa , LP Wanita sehingga hak – hak mereka sebagai warga negara dapat terpenuhi.

Oleh sebab itu perlu diakui sejak kepemimpinan Agus Riri mase, dinas Dukcapil telah mendapatkan banyak capaian dan penghargaan antara lain , mendapatkan penghargaan dari menteri Hukum dan Ham, penghargaan AISO , penghargaan dan penilaian kepatuhan tertinggi dari Ombudsman. dan semua yang diraih ini karena kerjasama yang baik yang dilakukan di dinas Dukcapil.

Kedepanya Agus berharap kepada masyarakat kota Kupang agar dapat memamfaatkan pelayanan yang telah ada dengan sebaiknya dan harus menyadari bahwa NIK sangat penting dalam berbagai hal sehingga jangan butuh baru datang namun manfaatkan pelayanan yang ada selagi diberi kesempatan. ( CP ).

Komentar